Rabu, 29 Oktober 2014

Pulau Menjangan - Indonesia

Indonesia merupakan negara bahari yang dikelilingi banyak peraian, tak heran jika banyak wisatawan asing maupun domestik tertarik akan wisata tersebut. Selama ini yang kita kenal hanyalah satu dari beberapa gugusan pulau indah di Indonesia, seperti Bali, Lombok, dan Pulau pulau kecil lain. Namun, masih ada beberapa pulau-pulau lain yang belum kita ketahui keindahan bawah lautnya. Kali ini saya akan bercerita tentang perjalanan saya menuju salah satu pulau di bagian barat Indonesia yaitu pulau menjangan, mungkin beberapa dari para pembaca pernah mendengar tentang pulau tersebut. Pulau Menjangan terletak di barat laut pulau Bali.Semoga membantu :)
Perjalanan saya mulai dari banyuwangi  dengan menyebrang ke pulau Bali menggunakan kapal feri. Setibanya di pulau Bali, para traveler akan menemukan terminal terdekat pelabuhan Gilimanuk. Setibanya disana, traveler bisa mulai mencari beberapa angkutan yang akan mengantar anda ke Banyuwedang. Banyuwedang merupakan desa sebagai tempat point untuk menyebrang ke pulau menjangan. Satu hal yang harus diingat, anda harus berhati-hati dengan beberapa supir angkut yang menawarkan jasa mengantar ke Banyuwedang. Untuk menuju ke Bayuwedang, anda harus membayar 30.000,- satu orang, jika anda pintar dalam tawar menawar anda akan dapat harga yang lebih murah.
Perjalanan dari pelabuhan Gilimanuk menuju Banyuwedang membutuhkan waktu satu jam. Sesampainya di Banyuwedang, saya memilih untuk menyewa hotel sederhana yaitu Banyuwedang Homestay. Hanya dengan 100.000,- saya sudah mendapatkan kamar dengan King Bed yang saya gunakan untuk saya dan dua orang teman saya. Homestay yang bernuansa pedesaan dan kamar kayu nya yang nyaman sangat tepat untuk melepas kepenatan selama perjalanan.
Keesokan harinya, saya bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Menjangan. Untuk anda yang ingin ber-snorkling, Pulau ini merupakan satu dari pulau yang memiliki keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Tarif untuk per orangnya, anda diharuskan membayar 40.000,- ditambah lagi jika anda hobby mengabadikan keindahan bawah laut, anda dapat menyewa kamera underwater di pos sebelum penyebrangan. Harga untuk kamera tersebut 250.000,- sepuasnya tanpa ada batasan waktu.
Perahu yang membawa saya telah merapat di dermaga kecil pulau Menjangan. Setelah bersiap untuk snorkling, tak sabar saya untuk menikmati keindahan bawah laut pulau Menjangan. Jangan melewatkan untuk sedikit menyelam di palung laut pulau Menjangan. Memang terlihat menyeramkan namun palung tersebut sangatlah membuat saya sedikit ingin tau akan palung tersebut. Satu yang perlu anda ingat, saat menyelam ataupun ber-snorkling tetap jaga jarak kaki anda untuk tidak menyentuh terumbu karang di dasar laut. ^^ Happy exploring and dive proprely










Tidak ada komentar: