Rabu, 21 November 2012

SURGA DI SEMERU


                  

Pagi masih terlalu pagi untuk dijelajah , namun tidak untuk saya . Pagi itu saya akan melakukan pendakian ke gunung semeru , memang saya tidak akan mendaki sampai mahameru, karna keterbatasan waktu , dan rencana awal yang hanya akan berhenti sampai di ranu kumbolo . Hanya cukup sehari untuk menyiapkan semua keperluan dalam pendakian. Surat kesehatan dari puskesmas terdekat pun sudah saya kantongi . Saat kita mendaki , di pos awal sebelum melakukan pendakian, diwajibkan untuk menunjukan surat keterangan sehat .

Perjalanan di mulai dari kota Malang ,anda dapat melalui daerah Tumpang . Malang , tumpang dapat hanya ditempuh selama 1 jam . Ditengah perjalanan , anda akan menemui pos perijinan pendakian , di sana , anda harus mengisi dan membayar untuk kebutuhan pendakian, jangan lupa siapkan materai  Rp . 6.000 . Setelah mengisi beberapa persyaratan untuk mendaki . Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga ke desa ranu pani . Sesampainya  di desa tersebut, anda masih harus mengurus perijinan dan registrasi , dan mengisi buku tamu pendakian . Sebelum masuk ke area pendakian , disekitar pos terdapat banyak  para penjajah makanan , dan minuman . Harga yang dijual juga cukup terjangkau .
                Pukul 9.00 saya memulai pendakian tersebut, sepanjang jalan pertama, medan area sangat menanjak . Dalam perjalanan menuju semeru, terdapat 2 jalan, jalan pertama atau yang biasa disebut jalur conventional, jalur tersebut lebih jauh, namun dengan medan area yang tidak terlalu sulit , dan tentunya lebih menghabiskan waktu . Sedangkan jalur ayak-ayak , merupakan jalur yang lebih ekstrim, karna medan arean nya yang sangat naik dan terjal , namun lebih cepat. Sekedar saran, jika masih pemula lebih disarankan menggunakan jalur conventional . Akan terdapat 4 pos di jalur pendakian tersebut . pos 1 hingga pos 2 berjarak tidak terlalu jauh . Setelah sampai di pos 3 , anda akan melewati tanjakan bukhairi , usul punya usul mengapa dinamakan tanjakan bukhaeri , karna tanjakan tersebut sering dilewati oleh pak bukhaeri .
                Setelah sampai di pos 4 , anda akan melihat luas dan indah nya danau ranu kumbolo . Seperti di surga . Dan jangan lewatkan untuk mendirikan tenda di depan bukit danau tersebut untuk melihat pemandangan sunrise . Selamat bertraveling J














Tidak ada komentar: